September 24, 2021
  • Home
  • Nasional
  • Sidang Sinode GKKI Ke-7 di Sibolangit Deliserdang Sukses dilaksanakan, Dirjen Bimas Kristen Kemenag Mendukung Pelaksanaan Sidang Sesuai AD/ART

Sidang Sinode GKKI Ke-7 di Sibolangit Deliserdang Sukses dilaksanakan, Dirjen Bimas Kristen Kemenag Mendukung Pelaksanaan Sidang Sesuai AD/ART

By on April 22, 2021 0 675 Views

Pada Rabu 21/4/2021 dilangsungkan Sidang Sinode (SS) Gereja Kristen Kudus Indonesia (GKKI) hingga Jumat 23/4/2021 di Ret-Ret Center GBKP Sukamakmur Deliserdang Sumatera Utara. GKKI yang berdiri pada 5 September 1991 lalu, dan dirikan oleh Pdt Drs Kerani Ketaren,Ak di wilayah Kota Bandung Jawa Barat.

Memiliki misi “Gereja adalah persekutuan orang-orang percaya yang adalah tubuh Kristus. Kami hadir untuk melayani banyak orang, seperti Yesus datang ke dunia untuk menjadi pelayan. Sebagai bagian dari tubuh Kristus, kami mewartakan kabar baik kesegala penjuru dunia dan menjadi berkat dimanapun kami berada kita diberkati untuk menjadi berkat”

Pada Sidang Sinode ke tujuh tahun 2021 ini, Ibadah Pembukaan Sidang di bawakan oleh Ibu Pdt Dahlia Ketaren, dan dihadiri oleh para pendiri dan pendeta senior sepertgi Pdt Sunar Sembiring, Pdt Ir RM Bangun, Pdt Prof Dr Nerseri Barus MTh.

Acara SS GKKI di gelar secara tatap muka (onsite) dengan menggunkan Protokol Kesehatan yang maksimal dengan membentuk Tim Gugus Tugas Covid 19 dari dalam GKKI dan sebagai penanggung jawab diserahkan kepada Pdm Dr Jeremia Tarigan dan Pdt Fikal Sitourus,Tim Covid GKKI menerapkan aturan-aturan yang ketat selama berlangsungnya sidang,

Untuk memudahkan mobilisasi para peserta sidang yang datang dari berbagai daerah seperti Batam, Bali, Papua, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, dan Jabodetabek, maka dari Bandara menuju tempat sidang  Pdt Sevendy Hutagalung bertugas mengakomodir transportasi dan penjemputan di Bandara Kualanamu dengan baik dan rapi, sehingga peserta merasakan kenyamanan dalam perjalanan menuju ke tempat sidang.

Badan Pengurus Harian (BPH) Sinode GKKI mencatatkan kurang lebih jumlah peserta akan kuorum suaranya untuk mengetuk palu persidangan sebanyak 50% ditambah 1, maka peserta yang sudah memungkinkan untuk dilakukanya hak pemilihan suara pada Sidang Sinode GKKI yang dilakukan secara Tatap Muka (Onsite) ini.

Dalam SS 2021 bakal calon Ketua Sinode yang baru disebutkan nama diantaranya, Pdt Dr Johanes Tarigan dari Sumbaris, Pdt Nala Yosuari Ginting dari wilayah Bali dan Pdt Immanuel Seldy dari Jawa Tengah, dan pemilihan pun berlangsung secara langsung, umum,bebas, dan rahasia (luber).

Dari penghitungan suara yang sah,dan atas kemurahan Tuhan dan kasih tulus dari para peserta yang mendukung pemilihan dengan cara baik akhirnya Sidang memutuskan sebagai Ketua Sinode GKKI yang baru adalah Pdt Dr Johanes Tarigan, dan Sebagai Sekertaris Umum Pdt Nala Yosuari Ginting, dan Bendahara Umum Pdt Chandra Lumban Tobing.

Acara disamping memilih Ketua Umum yang baru, pada SS kali ini, semua peserta ikut berperan serta untuk memikirkan keputusan-keputusan dalam bentuk revisi Aturan Dasar dan Aturan Rumah Tangga untuk lima tahun kedepan

Sebagai Ketua Steering Committee (SC) pada persidangan kali ini yaitu Pdt Ediman Ginting, dan di damping oleh Organizing Committee (OC) Pdt Chandra Lumban Tobing memaparkan bahwa Sidang kali ini dihadiri oleh para pendeta muda yang nantinya akan dilantik menjadi Pendeta Penuh di GKKI.

Dukungan pun disampaikan oleh Dirjen Bimas Kristen Kementrian Agama RI, Prof Dr. Thomas Pentury, MSi sebelum Sidang Sinode GKKI saat BPH GKKI  menghadap ke kantornya di Jakarta. dan beliau mendukung SS berlangsung dengan baik sesuai AD/ART GKKI yang berlaku,

Kurang lebih 110 orang peserta dari berbagai daerah menghadiri SS kali ini diantaranya dari Papua, Bali, Kalimantan Barat, Batam, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, dan Sulawesi.

Seluruh peserta berharap melalui SS ini seluruh aturan yang baru, pemimpin yang baru akan membuat pelayanan di GKKI semakin baik dan mendapatkan hasil sesuai Visi dan Misi yang terlah tercatatkan