May 11, 2021
  • Home
  • Politik
  • Sejarah Karier Politik AHY: Bertemu Jokowi dan Asa Menuju 2024

Sejarah Karier Politik AHY: Bertemu Jokowi dan Asa Menuju 2024

By on May 4, 2019 0 306 Views

Komandan Komando Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), memenuhi undangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (2/5/2019). Ini merupakan sejarah baru dalam jejak langkah AHY yang sebelumnya sempat lekat dengan profil militer sebelum terjun ke kancah politik.

Di Pilpres 2019 lalu, Partai Demokrat tergabung dalam koalisi pendukung capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno yang bertarung melawan pasangan 01 Jokowi dan Ma’ruf Amin. Kini, AHY mewakili partai besutan ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), telah bertemu dengan Presiden Jokowi. Sebelum merambah jalur politik, AHY terlebih dulu meretas karier di ketentaraan. Putra sulung Presiden ke-6 RI SBY dan Kristiani Herawati kelahiran Bandung tanggal 10 Agustus 1978 ini merupakan lulusan terbaik SMA Taruna Nusantara Magelang pada 1997. Peraih medali Garuda Trisakti Tarunatama Emas ini kemudian masuk Akademi Militer (Akmil) dan lulus tahun 2000.

Di Akmil, AHY juga berprestasi, termasuk menerima penghargaan Tri Sakti Wiratama dan terpilih sebagai Komandan Resimen Korps Taruna Akmil pada 1999, serta Pedang Tri Sakti Wiratama dan Adhi Makayasa pada 2000. Dari Akmil, AHY mengikuti Sekolah Dasar Kecabangan Infanteri dan menjadi lulusan terbaik Kursus Combat Intel pada 2001, kemudian bergabung dengan Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad). Jabatan Komandan Peleton di Batalyon Infanteri Lintas Udara 305/Tengkorak, jajaran Brigif Linud 17 Kostrad, diembannya pada 2002. Kesatuan yang dipimpin AHY turut berpartisipasi dalam Operasi Pemulihan Keamanan di Aceh.

AHY juga menerima gelar Master of Science in Strategic Studies dari Rajaratnam School of International Studies, Nanyang Technological University, Singapura. AHY termasuk pula salah satu mahasiswa program Kennedy School dengan program studi Master in Public Administration/Mid Career (MPA/MC) dan lulus pada 2010. Tahun 2014, AHY menempuh tugas pendidikan militer Command and General Staff College (CGSC) di Fort Leavenworth, Kansas, Amerika Serikat, setingkat dengan Sekolah Staf Komando Angkatan Darat (Seskoad) di Indonesia.

AHY lulus pada 2015 dengan IPK 4.0. Tak hanya di pendidikan militer, AHY juga menuntaskan program master dari George Herbert Walker School di Webster University, Amerika Serikat, lagi-lagi dengan menggondol IPK 4.0 yang merupakan nilai sempurna. Di negeri Paman Sam pula, suami dari Annisa Pohan ini mengikuti pendidikan Sekolah Lanjutan Perwira di Fort Benning. AHY terpilih sebagai lulusan terbaik dan meraih sejumlah penghargaan. Hingga awal 2016, AHY berdinas sebagai Kepala Seksi 2/Operasi di lingkungan satuan elite Kostrad, Brigade Infanteri Lintas Udara 17

sumber: tirto.id