May 11, 2021
  • Home
  • Motivasi
  • Sebuah Pengingat Bahwa Tak Masuk Universitas Favorit Itu Tak Apa. Hey, Itu Bukan Akhir Dunia!

Sebuah Pengingat Bahwa Tak Masuk Universitas Favorit Itu Tak Apa. Hey, Itu Bukan Akhir Dunia!

By on May 4, 2019 0 275 Views

Baru baru ini kalian para siswa SMA pasti melewati yang namanya SNMPTN dan SBMPTN. Begitu besar harapan kamu diterima di salah satu PTN yang sudah kamu pilih. Yaah.. namanya juga seleksi pasti ada yang lolos ada yang tidak.

Iya sedih memang saat tahu nama kamu gak ada di daftar nama yang lolos, padahal berbagai usaha sudah dilakukan. Belajar giat sampai tengah malam, bahkan sampai rela ikut les di bimbel demi sebuah impian ketrima di PTN yang didambakan.

Tapi coba renungkan ini kawan, open your mind! saya ajak kalian kamu untuk memandang kegagalan ini dari sudut pandang lain yaa.. coba jawab pertanyaan ini dalam hati kamu, Apa minat yang kamu sukai ? Apakah jurusan yang kamu pilih kemaren adalah jurusan impianmu? Melainkan tidak ikut-ikutan teman, dan seberapa jauh kamu mengenali dirimu sendiri?

Jangan hanya asal berpikir, asal diterima untuk kuliah lalu sudah.  Padahal ada hal lain yang menanti untuk kamu kerjakan. Nah untukmu yang belum diberikan kesempatan, mending lakukan hal-hal ini aja biar move on dari sana~

1. Cari tahu siapa dirimu

Ikhlaskan kegagalan ini, terimalah dengan besar hati dan coba kenali lebih dalam minat dan bakatmu, membuka wawasan dengan mengenal lebih jauh lingkungan sekitar, ikuti pelatihan, kegiatan internship, kegiatan pelayanan (voluntering). Hal itu bertujuan untuk memperluas pandangan hidup. Kamu akan lebih tahu atau kenal dengan dirimu, dengan kekurangan dan kelebihanmu. Bahkan dari itu semua kamu bisa jadi menemukan bakat yang selama ini gak kamu sadari.Itu akan mempermudah kamu bagaimana langkah yang baik untuk masa depanmu.

2. Bekerja (fulltime atau partime)

Bekerjalah dengan tujuan untuk mencari pengalaman, memperdalam kemampuan karir, meningkatkan orientasi karir dan finansial. Bekerja akan melatih kamu hidup mandiri, tidak bergantung pada orang tua. Kamu juga bisa bekerja sambil kuliah lho… banyak PTS yang membuka kelas malam sehingga kita bisa dapat dua-duanya. Ilmu dapat, uang dapat, pengalaman berharga pun dapat. menyenangkan bukan?

Tantang dirimu untuk bisa bekerja sambil kuliah dengan pintar-pintar membagi waktu, pasti seru hidupmu. Trust me!

Gak harus kuliah di PTN kan ? PTS pun oke..yang penting bagaimana pribadi kita aja. dengan prinsip yang kita pegang bahwa kuliah bukan untuk gaya-gaya atau keren-keren karna di kampus ternama, tapi kuliah untuk menjemput ilmu. Skill yang diperlukan bukan nama kampus.. So, percaya dirilah dan ambil keputusan sesuai kemantapan hati.

3. Travelling

Membebaskan diri dengan mengenal tempat baru, mengenal budaya lain yang berbeda, akan membuka wawasan dan memperluas pandangan hidup juga loh.. sisihkan tabunganmu untuk liburan. Karna ini juga penting, khususnya untuk kesehatan jiwamu agar selalu berpikir positif, bahwa hidup ini menyenangkan, numi ini luas, dan ternyata masalah yang kita hadapi hanya sekecil biji jagung. Apalagi hanya gak lulus SNMPTN/SBMPTN. Mulai sadarkan, dunia ini belum kiamat.

4. Terus belajar dan belajar terus

Setelah kamu tahu apa minat mu dan hal yang ingin kamu capai dalam hidup, waktunya sibukkan diri dengan belajar dan terus belajar. Salah satunya sering mengikuti pelatihan yang membahas tentang hal yang kamu sukai. Pengetahuanmu akan bertambah dan gunakan waktu yang maksimal untuk menggali potensi.

5. Perbanyak lingkaran pertemanan

Perluas lingkaran pertemananmu, dengan ikut organisasi atau seminar-seminar, selain mendapat ilmu juga akan mendapat teman baru. Bersikap lebih terbuka humble dan be nice! banyak relasi banyak rejeki ya kan… siapa tahu rezeki kamu datang dari teman baru kamu saat bertemu di salah satu seminar atau organisasi.

Semangat.. lebih cepat bergerak, lebih cepat move on, akan lebih cepat pula kamu meraiih kesuksesan. Selamat mencoba!

Sumber : hipwee.com